Posted in News

Sikap Berlebihan Pembuatan Patung Obama di Menteng

Tulisan berikut ini saya ambil dari hidayatullah.com. Semoga bermanfaat bagi pembaca.
Tuesday, 15 December 2009 11:29

Pembuatan patung Obama di Menteng dinilai tak ada urgensinya dan sebagai sikap berlebih-lebihan
Hidayatullah.com– Peresmian patung Obama di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, hari Kamis (10/12) akhirnya menuai banyak kecaman masyarakat. Pembuatan patung masa kecil Presiden AS, Barack Hussein Obama dinilai  ada muatan politis. Bahkan terkesan berlebih-lebihan.

Pernyataan ini disampaikan sejarahwan Indonesia Prof Dr Anhar Gonggong, menyatakan keberadaan patung Obama di Menteng itu dinilai terlalu berlebihan. Anhar mengaku heran mengapa Obama terlalu didewakan di Indonesia?. Menurutnya, lagian kenapa harus patung Obama yang dipajang? Bukan pahlawan nasional yang berjasa kepada bangsa?

“Kenapa bukan patung pahlawan Indonesia. Obama bukan bagian dari Indonesia, dia bagian dari Amerika, ” ujarnya.  “Kenapa bukan patung Ki Hajar Dewantara,” tambah Anhar.

Sementara itu, mantan Ketua YLBHI Munarman, SH menilai keberadaan patung itu tidak ada urgensinya sama sekali bagi bangsa Indonesia. Selain dalam Islam membuat patung macam itu adalah haram,  hal itu justru menandakan kalau bangsa Indonesia belum cerdas.

“Kita ajak masyarakat berfikir secara syar’i saja. Jangan sampai masyarakat malah berfikir dalam konteks yang tidak penting seperti itu,” kata Munarman, saat perbincangan dengan http://www.hidayatullah.com, Selasa (15/12).

“Ini mungkin karena bangsa kita yang penjilat sehingga membuat hal-hal yang tak penting seperti itu. Bangsa yang terjajah memang begitu mentalnya,” ujar dia.

10000 Penolak

Sementara itu, kecaman senada terus mengali di masyarakat. Pemasangan patung Barack Obama di Taman Menteng, Jakarta Pusat, mendapat kecaman dari para pengguna Facebook dan masyarakat umum. Sebuah kampanye bertajuk “Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng” menyebar situs jejaring sosial tersebut.

Menurut Heru Nugroho, penggagas kampanye  di halaman Facebook-nya, sejak berita masalah ini diturunkan,  sudah lebih 9.772 orang yang bergabung dalam kampanye virtual tersebut.

Para pengguna Facebook yang bergabung umumnya mempertanyakan visi dari pembangunan monumen Barack Obama dan manfaatnya bagi bangsa Indonesia.

Sebagaimana diketahui, patung setinggi satu meter terbuat dari perunggu menggambarkan Obama kecil saat tinggal di Jakarta. Patung buatan seniman Edi Chaniago ini menampilkan Obama tengah tersenyum dengan tangan dihinggapi kupu-kupu sebagai simbol pengharapan.  [ain/www.hidayatullah.com]ilustrasi: facebook.com/Heru Nugroho

Author:

A woman who loves everything about Korean culture, try her best to be a good mother & devoted wife.

3 thoughts on “Sikap Berlebihan Pembuatan Patung Obama di Menteng

  1. Namanya juga Indonesia. Sering terjebak euphoria dan suka mengkultuskan figur. Ga kenal bener jg gpp,yg penting ngefans. Do-oh. Tidak punya jati diri. Contoh dong gue, walau suka banget ma Kimito, ga sampe bkn patung. Wkwkwk (uups, contoh yg ga relevan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s