Seputar Gerakan Janin

Posted on Updated on

Ehm..

Memasuki trimester kedua kehamilan (minggu ke 16) rasanya saya sudah merasakan gerakan janin. Awalnya si ga ngeh gitu karena mirip-mirip kedutan atau berasa ada “butterfly” yang kesana kemari di dalem perut. Setelah baca2 di forum TUM, memang gerakan janin rasanya seperti itu. Menurut buku 9 Bulan yang Menakjubkan, gerakan janin memang terasa pada minggu ke 18 untuk kehamilan pertama, dan lebih cepat pada kehamilan anak ke dua. Tapi..jangan khawatir klo pada minggu2 ini janin belum terasa bergerak, tunggu sampai minggu ke 24, atau silakan konsultasi ke dokter kandungan untuk lebih jelasnya.

Emang seperti apa si rasanya?? Menurut babycenter, gini loh rasanya gerakan janin itu “Women have described the sensation as being like popcorn popping, a goldfish swimming around, or butterflies fluttering. You’ll probably chalk up those first gentle taps or swishes in your belly to gas or hunger pains, but once you start feeling them more regularly, you’ll recognize the difference. You’re more likely to feel these early movements when you’re sitting or lying quietly.” 

Berikut keterangan mengenai gerakan janin dari ayahbunda :

  • Minggu ke-16 sampai 20. Di minggu ke-16 Anda mulai dapat merasakan gerakan janin seperti tendangan dan tonjokan. Disebut sebagi fase quickening.
  • Minggu ke-21 sampai 24. Aktivitas bayi makin meningkat. Dia banyak menendang dan jungkir balik, karena volume air ketuban masih sering memungkinkan untuk bergerak leluasa.
  • Minggu ke-25 sampai 28. Bayi mulai cegukan. Inilah yang menyebabkan Anda merasakan sensasi seperti tersentak-sentak. Dia juga akan bergerak merespon suara dari luar karena pendengarannya makin baik. Kadang-kadang janin ‘kaget’ mendengar suara keras. Sampai usia kehamilan 28 minggu boleh dibilang gerakan janin belum begitu bermakna. Artinya, belum dapat menjadi indikator kesehatan janin seperti pada trimester akhir. Kecuali dengan bantuan alat canggih seperti USG yang memungkinkan mengamati gerakan, bahkan denyut jantung bayi. Gerakan janin baru akan terasa menghebat pada usia kehamilan 28 minggu. Karena proporsi yang paling besar saat ini adalah kepala, maka janin akan berputar-putar bahkan ber”salto” sedemikian rupa agar bisa memposisikan kepalanya ke arah bawah.
  • Minggu ke-29 sampai 31. Gerakan bayi makin kuat, teratur dan terkendali. Kadang Anda sampai merasakan rahim kontraksi.
  • Minggu ke-32 sampai 34. inilah masapuncak aktivitas bayi. Dalam minggu-minggu ini, Anda akan merasakan peningkatan frekuensi dan tipe gerakan bayi, karena dia semakin besar dan kuat.
  • Minggu ke-36 sampai 40. ukuran bayi yang semakin besar dan keterbatasan ruang dalam rahim membuat gerakan memutar janin makin berkurang frekuensinya. Bila dia mengisap jempol dan kehilangan jempolnya, Anda akan merasakan gerakan darting dan cepat. Itu tanda bayi memuatar kepalanya untuk mencari jempolnya kembali. Jika perut Anda kurus, kemungkinan besar dapat memegang kaki bayi. Gerakan utama yang Anda rasakan adalah tonkokan tangan atau tendangan kaki bayi yang mungkin menyakitkan tulang rusuk Anda

Gerakan pertama biasanya dirasakan si ibu pada usia kehamilan antara 14-16 minggu yang disebut dengan wickening. Di usia ini janin mulai tumbuh besar dan air ketuban pun tersedia cukup banyak, hingga ibu bisa merasakan janinnya bergerak sedikit. Sensasi yang muncul seperti “dikitik-kitik” atau serasa ada bola kecil menggelinding lembut dalam rahimnya. Tapi tak setiap ibu hamil akan merasakan gerakan janin di usia kehamilan yang sama. Yang belum pernah hamil umumnya agak telat merasakan gerakan awal ini, yakni di atas usia kehamilan 16 minggu (source here).

Lebih mudah memantau gerakan janin ini ketika berbaring santai atau pada malam hari. Jangan memandang sepele gerakan janin ini, karena merupakan indikator kesehatan janin. Dalam pemeriksaan rutin, dokter akan memantau gerakan janin ini melalui USG atau CTG (kardiotokografi).

Bisakah memantau gerakan janin di rumah?

Bisa banget. Menurut thread gerakan janin di TUM, anda diberi kartu untuk mencatat frekuensi gerakan janin. Jika tidak diberi, bisa minta kok (saya sendiri belum kontrol lagi, harusnya si tadi malam. Tapi karena kecapekan, akhirnya ketiduran..hehehe tunggu beberapa minggu lagi baru mo kontrol, nunggu suami selesai UTS dulu :) ) . Tapii..ternyata kita bisa bikin sendiri loh..(source here) :

  • Buatlah semacam tabel sederhana berisi 3 kolom. Kolom pertama diberi judul “Hari”, yang berikut “Jam”, dan kolom terakhir “Jumlah Tendangan”.
  • Caranya, tak perlu memegangi perut setiap jam seharian penuh, kok. Cukup setiap 5-6 jam atau 3 kali sehari, pagi, sore dan malam hari. Kalaupun masih dianggap kelewat menyita waktu, bisa dilakukan 2 kali sehari, yakni setelah sarapan dan makan malam.
  • Teknisnya, tempelkan tangan di atas perut hingga ibu bisa merasakan gerakan janin sekaligus menghitungnya. Ibu harus dalam kondisi relaks, posisi berbaring ke kiri agar rahim tak menekan aorta dan pembuluh darah yang berada di atas rahim. Gerakan janin sendiri biasanya berirama/bergelombang mengingat janin berada di kantong yang penuh air.
  • Pada trimester akhir di saat janin sudah semakin besar, ruangan yang tersisa dalam rahim pun kian sempit, hingga gerakannya tak lagi leluasa. Semisal tak bisa melakukan gerakan “salto” seperti di bulan-bulan sebelumnya. Yang masih banyak bergerak hanyalah kaki atau tangannya. Kepala pun tidak banyak bergerak karena umumnya sudah berada di bawah. Kini, hitunglah setiap kali janin “menendang”, “meninju” atau sekadar berkelit lalu tuliskan dalam tabel. Misalnya, Kamis jam 08.00, janin bergerak 6 kali. Sementara di hari yang sama, jam 12.00, jumlah gerakannya 4 kali, sedangkan malam hari gerakannya mencapai 10 kali. Maka bila ditotal, gerakan hari itu mencapai 20 kali dan ini masuk kategori normal.  Sebaliknya, jika total gerakan janin sehari kurang dari 10 kali, segera hubungi dokter atau langsung periksakan diri ke rumah sakit.

“Once you’re feeling kicks regularly, pay attention to them and let your practitioner know right away if you notice a decrease in your baby’s movement. Less movement may signal a problem, and you’ll need a nonstress test or biophysical profile to check on your baby’s condition.” (babycenter)

About these ads

12 thoughts on “Seputar Gerakan Janin

    kendedes said:
    July 20, 2011 at 5:29 am

    amat sangat bermanfaat nich,tks info na..

    epi said:
    January 7, 2012 at 3:34 pm

    aq dah hamil 39 minggu tp gerakan bayiku kok malah brkurang ya..
    malah aq gak pernah merasakan byiq nendang2 ato sikut2 gtu..
    mohon jawabanx ya..

      dinhie responded:
      January 10, 2012 at 4:25 pm

      halo Mba Epi. maaf banget baru bales krn aq bru smpet buka blog lagi. seperti yg udah dijelasin di atas, pd trimester 3 umumnya gerakan bayi.berkurang krn ruang gerak dia makin sempit. mungkin gerakan janin yg mba rasakan bukan seperti tendangan. apapun yg mba rasa dari dalam perut, itulah gerakan janin. mgkn ibu2 lain merasakannya sbg tendangan atau sikutan. saran saya, hitung aja gerakannya..kan diatas sudah sy tulis juga panduannya. smoga membantu yaa.. :)

    epi said:
    January 7, 2012 at 3:37 pm

    mohon jawabanx ya..
    biar rasa khawatirq berkurang..

    zakia said:
    August 31, 2012 at 11:52 am

    mb mau tany sy berusia 21 tahun n skrng haml berjalan 13 minggu,tapi da kayak merasakan ada gerakan d rahim sya.

      dinhie responded:
      August 31, 2012 at 7:01 pm

      kehamilan pertama ya? biasanya pada kehamilan pertama gerakan janin baru dirasakan wkt usia kandungan 16minggu. sabar aja mba.. :)

    dhewiee said:
    February 21, 2013 at 9:48 pm

    ass..
    mau nanya nih , kehamilan aku kn mengnjak 6bulan , kurang 1minggu lg sih .. yg mau aku tanykan gerakan byi aku ko kya nya d.bwah puser trus , gerakan ny kya jerujut2 gt at getar2 dn kdang2 kya gelembung ,, gerakan kya gt sering sih .. hmpir tiap jam , wkt d.usg kmren kta dkter posisi kepala udh d.bwah .. aku bngung gerakan ny ko d.stu aja ya , at krna pert aku tebel jd ga bgtu peka .. trmksh wsslam

      dinhie responded:
      February 28, 2013 at 2:35 pm

      W’slm.
      Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. Maaf ya baru balas :( . Hmm..mungkin yang dirasa mba adalah bayi yang sedang cegukan. Coba aja di googling yah.. Klo soal gerakan yang disitu2 aja, aku kurang ngerti mba. Silakan konsul ke dokter yah.. Maaf klo ga bisa membantu banyak..

    jumiatin jumi atin said:
    June 5, 2013 at 3:04 pm

    knapa ya janinku selalu bergerak hebat pada saat menjelang adzan? …,ini khamilan ke 7,yg 4 abortus,anak pertama dan ke 5 hidup….anak ptama dan ke 5 dlu gk seprti ini

      dinhie responded:
      June 12, 2013 at 4:17 pm

      Halo Mba Atin..maaf yah baru lihat komen ini :(
      Hmm..kemungkinan janin bergerak kan banyak yah, mungkin dia excited dengar suara adzan. Coba dianalisa kebiasaan2 yang bikin janin bergerak. Setiap kehamilan juga berbeda2 mba pengalamannya. Semoga sehat selalu ya kehamilannya ya.. :)

    umi fatimah said:
    July 29, 2013 at 1:57 pm

    mbak ini kehamilan kedua ku 5 bulan jalan 6 besuk tgl 15 agustus tapimulai usia 4 bulan koq gerakannya sudah aktif sekali,padhal saya banyak di posisi duduk karena saya bekerja,, pagi,siang, malam..sering aktif gitu gerakannya..bahaya nggak ya…bahkan waktu tidurpun walaupun sudah miring ke kiri saya sering merasakannya,,kejut kejut gitu,usg terakhir posisi kepala sudah di bwh,letak ari ari dan plasenta juga bagus mohon infonya

      dinhie responded:
      August 22, 2013 at 10:09 am

      Halo~
      Maaf yah telat respon. Hmm..memang kadang janin aktif sekali gerakannya. Mungkin ada penyebabnya, coba Mba perhatikan kapan si janin menjadi sangat aktif. Klo berdasarkan pengalaman saya dan teman2, biasanya janin menjadi sangat aktif ketika ibunya lapar, bertemu ayahnya, atau makan makanan manis. Bisa juga si janin ingin berkomunikasi dg Sang Ibu..ajak main gitu :) Itu berdasarkan pengalaman yah..Selama kondisi Ibu dan janin oke, insyaAlloh ga papa mba.

      Sehat-sehat terus ya Mba..semoga dilancarkan ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s