Posted in Baby, Harsha's Story

Harsha’s 1st Solid Food

Tanggal 5 November kemarin, Harsha genap 6 bulan. Artinyaa…Harsha lulus S1 ASIX! Yeaay…alhamdulillah. Walopun selama ini kasih ASIP dengan judul episode kejar tayang, semoga Ammi bisa kasih ASI sampe 2 tahun..aamin! Terimakasih atas dukungan Ayah ASI @ciptabg, kultwit motivatsi dari AIMI ASI dan @ID_AyahASI, keluarga besar.. Perjuangan belum selesai loh😀 . Selain lulus ASIX, 6 bulan berarti juga waktunya makan perdana! Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu sama buibu, iya kan?? Emak yang satu ini juga ga mau ketinggalan momen spesial yang satu ini dong. Apalagi sebagai WM, pengen banget nyuapin perdana makan anaknya. Alhamdulillah tanggal 5 November itu hari Sabtu, jadi bisa puas seharian main dan nyuapin.

Soal MPASI perdana ini emang seru ya. Persiapannya aja udah dari bulan lalu : baca-baca referensi, blogwalking, sampe ikut milis mpasirumahan. Ternyata yah, makin banyak referensi malah makin bingung. Ini mah pendapat pribadi aja si..Ada dua mazhab dengan dalil kuat (jiah bahasanya..maklum istri ustad😛 ) , trus dari dua mazhab itu ada juga alirannya..mwahahaha..bahas apa si ini??😀 . Mungkin udah banyak yang tahu, bahwa MPASI itu ada yang konvensional, ada juga yang BLW (Baby Led Weaning). Bedanya klo yang BLW ga pake acara bikin bubur-buburan gitu, biarkan bayi merasakan tekstur dan rasa asli makanan. Begitulah alasannya. Nah terus,,, dalam metode konvensional juga ada dua aliran ternyata..Yang pertama adalah penggunaan serealia sebagai makanan awal bayi, sedangkan yang kedua adalah penggunaan buah. Alasan aliran yang pertama, serealia adalah makanan dengan risiko alergi paling kecil. Tapi klo menurut aliran kedua, buah lebih alami..karena gula buah gampang diserap tubuh. Nah..klo udah begini, dikembalikan lagi sama buibu semua mau pilih yang mana. Soal metode MPASI ini silakan googling yah🙂

Klo saya sih…awalnya mau pake puree alpukat sebagai makanan pertama Harsha. Tapi karena jum’at sorenya ga sempet belanja, akhirnya pake plan B..bikin bubur susu Merah wangi merk G*sol yang sudah beli di baby shop. Pertama bikin kebanyakan, 1 sdm+200 ml air matang terus diaduk & dimasak. Tapi gapapa deh, dicobain dulu aja. Ternyata…Harsha doyan! *senyumlebar*

Soal perlengkapan perangnya, baru sedikit aja ni :

  • Panci kecil
  • Sodet kayu
  • Feeding Set
  • Training Cup Mag mag P*geon
  • Talenan
  • Feeding set dari T*pperwear
  • M*nchkin Food Grinder
  • Ice tray bertutup
  • Cubes kecil

baru dikit banget…belum makan banyak si, jadinya nyicil aja gitu belinya😀 . Klo soal jadwal makan, saya mah fleksibel ajah, tapi tetep ikut aturan tunggu 4 hari untuk liat reaksi makanan terhadap tubuh Harsha. Sampe minggu ini, baru 4 jenis makanan yang dikenalin : bubur susu merah wangi, jeruk baby, pepaya, dan melon. Semuanya aman, alias tidak ada tanda2 alergi (TATA). Maklumlah, saya dan suami alergi (cuaca, debu) jadi Harsha alergi juga pastinya.

Untuk pepaya, saya kasih karena sempat khawatir bubur tepung berasnya bikin sembelit, ternyata tidak, hehehe… Pepaya saya kasih pake BLW, lucu banget liat dia makan sendiri

Untuk minggu ini, saya mau kenalin kentang, oat, dan buah-buahan lain sesuai umur Harsha.  Jadwal makan udah buat si, cuma masi bongkar pasang. Tapi jenis makanannya udah ada, tinggal eksekusinya aja.

Semoga Harsha makannya lahap yah..dan lolos semua makanan, hihihihi

Author:

A woman who loves everything about Korean culture, try her best to be a good mother & devoted wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s