Posted in Cuap-cuap, Harsha's Story

Harsha Faina 20mos

Terakhir posting soal milestone Harsha itu ternyata waktu dia umur 15mos. Emang dasar emaknya ini bukan tipe emak rajin mencatat perkembangan setiap bulannya dan berujung pada penyesalan *sigh* Ya sudah deh mulai tahun ini bakal rajin nulis soal milestone Harsha *kepaltangan*

Okey, di bulan ke 20 ini yang bikin Abu-Ayahnya amazed adalah perkembangan motorik dan bahasanya. Klo soal BB mah udah pasrah, yang penting ga di bawah garis merah dan anaknya aktif. Segala usaha dah dicoba buat boost si BB, eh..kok malah asik nangkring disitu-situ aja! Tapi, tetep dilakuin segala daya dan upaya dalam rangka membujuk si angka BB naik : makanan kalori tinggi, minyak EVOO, segala kacang2an, lemak2an, madu, vitamin, variasi menu, semua sedang dilakukan. Tinggal nunggu hasilnya aja *crossfinger*

Perkembangan motorik yang bikin amazed : bisa utak-atik G-Tab. Sampe-sampe si Nenek kalah klo lagi mainin. Bisa loh si Harsha milih menu sendiri trus tahu ikon “back” klo ternyata itu bukan aplikasi yang dia pengen. Di satu sisi, aplikasi di tab bagus buat perkembangan bahasa (flashcards) tapi kok ya jadi ketagihan. Masa’ baru bangun tidur yang dicari si atab, panggilan Harsha buat G-Tab. PR banget ini buat emaknya. Harus batasin pemakaian! *lirikAyah*

Klo perkembangan bahasa, kemampuan bicara Harsha meningkat tajam pasca Lebaran Idul Fitri. Waktu lebaran kan kumpul keluarga besar yah, apalagi keluarga dari Mamahku tu emang doyan ngobrol. Eh, kok pulang lebaran Harsha jadi doyan ngoceh! W.O.W ga pake koprol. Seneng banget yang pasti, sampe sekarang bawelnya ga berhenti. Diantara teman sebayanya, perkembangan Harsha termasuk yang cepet, kecuali BB. Mulai dari bisa jalan duluan, bisa ngomong duluan, termasuk gigi yang paling banyak tumbuh.

Klo menurut babycenter.com , ini nih milestone untuk usia 20mos :

milestone 20mos

Feeds doll : iya banget! Harsha sering main sama boneka-bonekanya dan ngasi makan mereka. Begitu juga sama binatang : cicak, kucing. Lucu banget waktu dia nawarin makan cicak : cicak, cini. ada kueh..sambil ngayunin tangan nyuruh cicak mendekat *LOL*

Takes off own clothes : belum bisa, tapi sering banget minta buka baju.

Dumps an object in immitation, such as throwing garbage away : Harsha dah pinter klo disuru buang sampah ke tempat sampah.

Selain itu, Harsha dah pinter :

– Menghitung 1 – 11 (kadang dibantu, tapi klo ngitung sendiri angka 6 pasti kelewat..entah kenapa😀 )

– Bisa nyebutin nama temen2nya : Ida (Nida), Epin (Kevin), Dila (Dira), Aka (Azka), Amal (Akmal), Ican (Ikhsan), Ido (Ridho)

– Menyebut namanya sendiri : Aca Ina (Harsha Faina)

– Menyebutkan anggota tubuh : kepala, kuping, mulut, gigi, lidah, hidung, mata, alis, jari, kaki, tangan, rambut, bahu, perut, udel..

– bisa nyebutin warna-warna kartu flashcard : kuning, hitam, abu-abu, hijau, merah, biru, pink, coklat

– bisa nyebutin hampir 85% isi flashcard, bahkan sampai bentuk bintang dan hati.

– sikat gigi, cuci kaki, tangan, dan muka sebelum tidur

– berdoa sebelum tidur : mika amut amiin😀

– bilang ‘akacih’ setiap diambilin sesuatu

Sekarang…PR emaknya adalah TOILET TRAINING dan persiapan WWL

Klo untuk TT, dah sering dibilangin “klo pipis/pup bilang yah” tapi belum berani lepas diaper😀 . Naaaah..untuk WWL ini yang agak berat. Sekarang si udah sering di hypno menjelang tidur sama dibilangin “kan Harsha dah gede..ga nen lagi” tapi kebanyakan si ga tega klo dia dah merengek minta nen. Semoga pada saatnya nanti WWL bisa lancarrr *aamin*

Aah…nulis postingan ini jadi kepengen pulang peluk Harshaaaa

Cepet gede ya my dear Harsha… Abu & Ayah loooooooove you! :*

Author:

A woman who loves everything about Korean culture, try her best to be a good mother & devoted wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s